Mengenal Prosedur Kirim Paket ke Luar Negeri

Meskipun terkesan mudah dan sama seperti ketika hendak mengirim paket pada umumnya, perlu diketahui bahwa ada prosedur yang cukup berbeda untuk urusan kirim paket keluar negeri. Ya, adanya perbedaan regulasi dua negara menjadi salah satu sebab kenapa prosedur pengiriman paket ke luar negeri menjadi berbeda.

Tentu, memahami prosedur yang dimaksud di atas adalah hal yang sangat penting. Dengan pemahaman prosedur yang baik, proses pengiriman paket ke luar negeri nantinya bisa berlangsung dengan baik dan cenderung aman.

Lantas, bagaimana prosedur pengiriman paket ke luar negeri yang harus diketahui tersebut? Simak ulasannya!

Mengenal Prosedur Kirim Paket ke Luar Negeri


Prosedur Pengiriman Paket ke Luar Negeri Secara Umum

Berbincang tentang prosedur pengiriman paket ke luar negeri, ada beberapa prosedur yang secara umum perlu diketahui. Adapun beberapa prosedur yang dimaksud adalah sebagai berikut :


1)      Book shipment

Book shipment adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengirim paket ke luar negeri. Apa yang harus dilakukan pada langkah ini adalah mengisi data yang dibutuhkan mulai dari fotokopi KTP, SPPKP, NPWP dan lainnya. Proses ini dilakukan sebelum pengisian formulir perjanjian.

Nah, book shipment diperlukan untuk memudahkan proses komunikasi. Selain itu, prosedur ini juga dijadikan alat bagi pengirim untuk memberikan penjelasan yang rinci terkait informasi barang yang akan dikirimkan tersebut.


2)      Pengaturan kontainer

Setelah urusan dokumen selesai, prosedur yang akan dilakukan adalah pengaturan kontainer. Dalam hal ini, Anda harus memastikan jika pihak ekspedisi memiliki ruang kontainer yang kosong.

Selain itu, Anda juga nantinya perlu menentukan berat maksimal dari isi kontainer. Dalam hal ini, semakin besar ukuran serta semakin berat barang yang akan dikirim, maka biaya pengiriman yang harus dibayarkan pun cenderung lebih besar.


3)      Memastikan detail barang

Apabila kedua prosedur di atas sudah selesai dikerjakan dan Anda sudah mendapatkan kontainer yang akan digunakan, maka selanjutnya Anda harus memastikan detail barang. Tentu, seluk beluk barang harus dijelaskan secara detail. Ada dokumen yang harus diisi mengenai informasi barang tersebut.

Dalam hal ini, Anda harus memastikan jika barang yang dikirim bukanlah barang yang dilarang di negara tujuan. Selain itu, pastikan pula jika data barang, termasuk alamat pengiriman, sudah tercetak dengan benar.

Perlu diketahui bahwa banyak kasus barang yang dikirim ke luar negeri tertahan karena informasi yang tidak jelas. Efek terburuk dari kesalahan ini adalah barang yang nantinya justru hilang.


Beberapa hal di atas adalah prosedur umum yang perlu diketahui ketika hendak mengirim barang ke luar negeri. Selain memahami prosedur tersebut, Anda juga harus jeli dalam memilih jasa ekspedisi yang tepat.

Nah, untuk urusan pengiriman barang ke luar negeri atau kirim barang Amerika ke Indonesia, Anda bisa menggunakan layanan Kilo.id. Dengan layanan Kilo.id, Anda akan mendapatkan bantuan pengurusan dokumen pengiriman dan layanan yang lebih terjangkau.

Deskripsi: kirim paket keluar negeri bisa dilakukan dengan mudah. Hanya saja, Anda perlu mengetahui prosedur yang digunakan agar proses pengiriman bisa lancar.

Share
 
Copyright © 2015. vacurect.net.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License